Jumpa Pers Diakhir Tahun, Kapolda NTB Ungkap Target Pengamanan Jelang Nataru dan Pemusnahan BB Kejahatan Narkotika

Kapolda NTB, Irjen Pol Raden Umar Faroq,ketika memberikan keterangan pers kepada wartawan.

BidikNews,net,Mataram,NTB
- Dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Polda NTB menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Seligi 2023, pada Kamis (21/12/2023). 

Apel gelar pasukan dalam rangka gelar pasukan Operasi Lilin Rinjani 2023 tersebut dilaksanakan di Lapangan Bhara Daksa Polda NTB pukul 08.00 wita dilanjutkan dengan Jumpa Pers Kapolda NTB Akhir Tahun 2023.

Tujuan diadakannya Operasi Lilin Seligi 2023 ini semata-mata untuk memberikan rasa aman, nyaman dan lancar dalam menghadapi Hari Natal tahun 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kapolda NTB, Irjen Pol Raden Umar Faroq dalam ketarngan persnya mengatakan, Ada empat target pengamanan Polda NTB menjelang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Keempat target tersebut di antaranya, masyarakat yang merayakan Hari Raya Natal, kegiatan Nataru. Kemudian, tempat liburan, dan aset milik warga.

“Jadi empat hal itu menjadi prioritas kami,” katanya kepada wartawan, pada Kamis, 21 Desember 2023 di Tribun Lapangan Bhara Daksa Polda NTB.

Dijelaskan Irjen Pol Raden Umar Faroq, selain rumah ibadah,  pihaknya juga akan melakukan pengamanan di sejumlah tempat wisata di NTB. Hal ini menyusul provinsi dua pulau ini merupakan salah satu daerah yang dituju wisatawan. Baik lokal maupun mancanegara.”katanya. 

Sementara untuk pengamanan aset, akan difokuskan pada rumah yang dtinggal pemiliknya selama berlibur diluar daerah. 

Ia juga mengingatkan agar warga NTB yang merayakan liburan Nataru diluar daerah, untuk menginformasikan kepada ketua RT dan kepala Lingkungan atau pihak kepolisian,” katanya.

Dalam keterangan persnya, Kapolda NTB menjelaskan pihaknya  telah menyiapkan 1500 personel kepolisian untuk mengamankan empat objek tersebut. Jika ditambah dari instansi lain itu bisa sampai 5.000 personil,” ujar Irjen Pol Raden Umar Faroq.

Irjen Pol Raden Umar Faroq mengungkapkan, semua daerah dilakukan pengamanan yang sama. Sedangkan di NTB untuk sementara dilakukan pengamanan secara merata,” ujarnya.

Selama Nataru, jajaran Polda NTB menyiapkan 21 Pos Pengamanan yang tersebar di seluruh wilayah. Mulai dari Pelabuhan Lembar, Lombok Barat hingga Pelabuhan Sape di Bima.” jelas Irjen Pol Raden Umar Faroq.

Pemusnahan Barang Bukti Kejahatan Narkotika

Pada waktu yang bersamaan, Ribuan botol minuman keras (miras) dan barang bukti narkotika hasil razia dimusnahkan Diresnarkoba Polda NTB pada , Kamis, 21 Desember 2023 yang bertempat dilapangan Bhara Daksa Polda NTB.

Pemusnahan barang bukti berupa Narkotika dan miras oleh Kapolda NTB dan pejabat lainnya

Pemusnahan barang bukti dilakukan Diresnarkoba Polda NTB bersama Kapolda NTB, Irjen Pol Raden Umar Faruq. Ada juga perwakilan dari Kejati NTB dan beberapa instansi lainnya.

Dir Resnarkoba Polda NTB, Kombes Pol Deddy Supriadi mengatakan, total miras yang diamankan sebanyak 2.633 botol dari berbagai merk. 

Ratusan botol yang dimusnahkan itu di amankan dengan berbagai merek  yang dirazia dari sejumlah tempat hiburan malam periode Desember 2023,” ungkap  Kombes Pol Deddy Supriadi kepada wartawan.

Selain dari berbagai merk, jelas Kombes Pol Deddy Supriadi, miras dengan kemasan berbentuk literan juga turut diamankan pihaknya. 


Tidak hanya itu, saat melakukan razia di sejumlah tempat hiburan kepolisian juga mengamankan 10 orang yang diduga sebagai penyalahguna atau pecandu narkotika. Hal itu berdasarkan scanning maupun monitoring Ditresnarkoba Polda NTB.

Jumlah dan jenis barang bukti narkotika hasil razia Ditresnarkoba Polda NTB yang dimusnahkan antara lain, 

Shabu      : 1.671.725 gram ( 1,6 kg ).
Ganja       : 6.140,954 gram ( 6.1 kg )
Ekstasi     : 8 butir
Miras        : 2.633 boto dan 270 liter

Dalam ketarangannya, Kombes Pol Deddy Supriadi mengatakan salah satu pemicu tingginya angka peredaran narkotika berdasarkan pesanan masyarakat menjelang malam tahun baru 2024 sehingga aktivitas peredaran barang haram itu juga semakin meningkat.” Kata Deddy.

Kombes Pol Deddy Supriadi mengaku pihaknya akan bekerja sama dengan jajaran Bea Cukai untuk terus mengantisipasi tentu bantuan masyarakat sebagai pemberi informasi sangat diharapkan,” ucapnya.

Pewarta: Tim BidikNews.net




0 Komentar