Hj. Sumiatun, Kandidat Kuat Bupati Lombok Barat


Hajjah Sumiatun, nama begitu sempurna diberikan orang tuanya yang kerap disapa Umi Atun. Keseharainnya yang sederhana ditunjang keramahtamahan dan kesabarannya menjadikannya dirinya dikagumi warga masyarakat Lombok Barat 

BidikNews.net,Lobar - Sejak kehadirannya di blantika politik Lombok Barat, ia juga disebut sebagai perempuan yang berjiwa sosial tinggi, maka tak heran jika rumahnya yang berlokasi diwilayah Sekotong Lombok Barat Provinsi NTB itu dijadikan sebagai “taman pengabdian” untuk menjamu siapa saja yang bertandang dikediamannya yang luas itu.

Hajjah Sumiatun terjun kedunia politik sejak tahun 2004  dan berkiprah sebagai wakil rakyat di kabupaten Lombok Barat Periode 2004 – 2009. Selama lima tahun menjadi anggota DPRD di Gumi Patuh, Patut, Patju itu, Hajjah Sumiatun selaku politisi senior Partai Golkar ini  terus menggelar pengabdiannya kepada masyarakat.

Pengadian tulusnya kepada masyarakat Lombok Barat pun membuahkan hasil manis, sehingga pada Pemilihan Umum Legislatif (pemilu) 2009 Hj. Sumiatun kembali terpilih sebagai anggota DPRD Lombok Barat untuk periode 2009 hingga 2014. 

Selama menjadi anggota DPRD Lombok Barat Hj. Sumiatun kelahiran Mataram tahun 1960 itu tak menyia-nyikan kesempatan untuk terus melabuhkan pengabdiannya kepada masyarakat di Kabupaten Lombok Barat. 

Hj. Sumiatun ketika berbagi kepada warga masyarakat yang dicintainya

Namanya terus melejit dan begitu kesohor hingga dipelosok-pelosok desa bahkan nama wanita tangguh politisi gaek partai Golkar ini dikenal luas di seluruh wilayah Provinsi NTB. Ketika namanya kian melejit, rakyat Lobar pun semakin tertarik dengan sosok wanita yang berpenampilan sederhana ini. 

Keramah tamahan ditunjang penampilan yang sederhana Hj. Sumiatun kerap menjadi magnit karena daya sentuhan nuraninya terhadap warga masyarakat menjadikan dirinya sebagai seorang ibu yang senantiasa menebar kasih sayang untuk semua.

Hasil dari pengabdiannya kepada masyarakat Lombok barat selama menjadi wakil rakyat dan wakil bupati hingga Penjabat Bupati menjadikan dirinya sebagai seorang ibu yang senatiasa dirindu. 

Tak salah jika pada pemilu legislative  2014 ia terpilih kembali menjadi wakil rakyat di Kabupaten Lombok Barat sekaligus dinobatkan sebagai Ketua DPRD Lombok Barat periode 2014 hingga 2019.

Tak sampai disitu, dalam perjalanan karier Politiknya, Hj. Sumiatun ketika pilkada Lombok Barat tahun 2019 ia tampil bersama Fauzan Khalid sebagai salah satu pasangan Calon Bupati dan calon wakil Bupati periode 2019 – 2024. 

Kemenangan pun diraihnya sebagai Wakil Bupati Lombok Barat Periode 2019 – 2024 mendampingi Fauzan Khalid. Belum usai masa tugasnya Bupati Fauzan Khalid mengudurkan diri sebagai Bupati Lombok Barat untuk mendaftarkan diri sebagai calon legislative di DPR RI. 

Hj. Sumiatun ketika dilantik sebagai Pj. Bupati Lobar oleh Pj.Gubernur NTB HL. Gita Ariadi

Ketika penguduran diri Bupati Fauzan disetujui pemerintah pusat, akhirnya, Pejabat Gubernur NTB Drs H Lalu Gita Ariadi, M.Si melantik secara resmi Hj. Sumiatun sebagai Bupati Lombok Barat di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB, pada Senin, 13 November 2023 hingga sekarang. 

Dengan dilantiknya menjadi Pj. Bupati Lombok Barat, maka Hj. Sumiatun menjadi perempuan pertama kepala daerah di gumi Patuh, Patut, Patju tersebut. 

Setelah menjabat sebagai Bupati Lombok Barat, tugas dan tanggung jawab dijalani dengan penuh kesabaran. Romantika persoalan sosial datang silih berganti, menjadikan Hj. Sumiataun makin matang dalam menyelasaikan berbagai persoalan dengan sentuhan hati nurani meski beberapa masalah yang harus dituntaskan melalui jalur hukum jika berada dalam ruang pelanggaran pidana yang berat.

Kini, Hj. Sumiatun makin menyadari bahwa kehadirannya sebagai Kepala daerah sekaligus menjadikan dirinya sebagai “Ibu” bagi seluruh rakyat Lombok Barat membuat Hj. Sumiatun makin mengokohkan dirinya untuk tetap istiqamah dalam menjalani tugas dan pengabdiannya untuk masyarakat.

Menjelang Pilkada 2024 mendatang, Hj. Sumiatun pun tak mampu membendung keinginan masyarakat Lobar yang menginginkannya untuk menjadi Bupati Lombok Barat.

Dalam berbagai kempatan Hj. Sumiatin kerap mengunjungi warga masyarakat yang dirindu dan merindukannya

Keinginan kuat masyarakat Lombok Barat tersebut bukan tanpa alasan. Banyak yang menilai dengan kehadirian sosok Ibu sebagai kepala Daerah di kabupaten Lombok Barat diharapkan mampu memberikan keteduhan dan kenyamanan bagi warga masyarakat dengan sentuhan dan belaian kasih sayang seorang Ibu sebagaimana kasih sayang ibu-ibu pada anak-anaknya.

Ketika namanya tersebar luas ditengah masyarakat sebagai kandidat kuat pada pilkada Lobar 2024, banyak yang berharap dan tak sedikit pula yang tak sabar menanti hadirnya sosok perempuan bernama Hj Sumiatun untuk meramu daerah dan masyarakat Lombok Barat agar menjadi daerah yang lebih maju dengan setumpuk harapan agar masyarakat Lobar yang aman dan sejahtera.

Kesohornya nama Hj. Sumiatun ke seluruh wilayah kabupaten Lombok Barat sebagai salah satu kandidat kuat pilkadA 2024 mendatang tak lepas dari nama besar sang Suami tercinta bernama H.Lalu Daryadi atau dikenal dengan sebutan Mamiq Dar.

Nama besar Mamiq Dar dikenal luas oleh masyarakat NTB dan diluar NTB. Pria yang tak banyak bicara ini dikenal sebagai sosok yang kharismatik dan berjiwa sosial tinggi. 

Penampilannya yang sederhana menjadikan suami Hj. Sumiatun ini sebagai magnit untuk mengumpulkan pundi-pundi suara bagi kesuksesan perjalanan perjuangan Hj. Sumiatun ke “Tahta” tertinggi di kabupaten Lombok Barat.

Meski kekayaan berlimpah, Mamiq Dar selalu hadir ditengah masyarakat dengan kederhanaan. Sikap sombong dan angkuh tak terlihat dalam dirinya, karena ditutupi oleh sifat kedermawanannya yang sangat kental ditengah masyarakat.

Mamiq Dar ketika menyambut hangat kehadiran media ini di kediamannya di Sekotong Lobar

Ketika media ini bertandang dikediamannya di Wilayah Sekotong Lombok Barat, dengan pekarangan yang cukup luas terlihat sejumlah bangunan barugak rapi disertai sejumlah kursi dan meja panjang terbuat dari kayu berjejer rapi dan indah dan asri untuk menjamu para tamu.

Ketika disinggung terkait kuatnya arus dukungan kepada istrin tercinta Hj. Sumiatun sebagai kandidat kuat calon Bupati Lombok Barat pada pilkada 2024, Mamiq Dar hanya melempar senyum yang yang mengandung sejuta makna.

Senyuman mamiq Dar mengisyaratkan restunya kepada istri tercinta Hj. Sumiatun untuk berkompetisi dalam pesta Demokrasi Pilkada di Lombok Barat dan akan selalu memberikan dukungan secara maksimal selama proses pencalonan hingga pelaksanaan pilkada berlangsung. 

Mamiq Dar juga memohon doa serta dukungan kepada seluruh masyarakat Lombok Barat  semoga pilkada Lombok Barat yang akan dihelat pada November 2024 mendatang dapat berlangsung aman dan lancar nantinya. Semoga.

Pewarta : Dae Ompu






0 Komentar