Khutbah Jum`at DR. Khairul Hamim, MA : Empat Golongan Orang yang Dirindukan Surga


BidikNews,Mataram,NTB
- Masuk ke dalam surga merupakan impian dan tujuan dari setiap umat Islam yang ada di dunia ini. Pasalnya surga merupakan tempat terindah dan ternyaman bagi umat Islam setelah kematian nantinya. 

Demikian isi khutbah Jum`at yang sampikan Ustadz DR.Khairul Hamim, MA pada 7 April 2023 bertepatan dengan 17 Ramadhan 1444 H di masjid Al Achwan Griya Pagutan Indah Mataram.

Selain itu sebagai umat Islam untuk masuk surga juga harus taat beribadah kepada Allah SWT dan juga menjauhi segala larangan yang diperintahkan oleh Allah SWT melalui Al-Quran. 

Ada empat golongan yang dirindukan surga. Empat golongan tersebut adalah orang yang membaca Al-Quran, menjaga Lisannya, memberi makan orang lapar, dan puasa di bulan Ramadhan. 

Hal tersebut berdasarkan dari hadits yang disampaikan oleh Abu Dawud dan Tirmidzi berikut ini.

الْجَنَّةُ مُشْتَاقَةٌ اِلَى أَرْبَعَةِ نَفَرٍ : تَالِى الْقُرْانِ, وَحَافِظِ اللِّسَانِ, وَمُطْعِمِ الْجِيْعَانِ, وَصَا ئِمٍ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ

Artinya: "Surga merindukan empat golongan: orang yang membaca Al Quran, menjaga lisan (ucapan), memberi makan orang lapar, dan puasa di bulan Ramadhan." (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Orang yang gemar membaca Al-Quran

Orang yang gemar membaca Al-Quran, selain dirindukan oleh surga orang yang gemar membaca Al-Quran juga akan memiliki ketenangan batin yang baik. Dalam hidupnya pun sesuai dengan tuntunan Al Qur'an. Sehingga Al Qur'an tidak hanya sekedar bacaan, namun menjadi petunjuk dalam hidupnya karena diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Orang yang selalu menjaga lisannya

Golongan kedua adalah orang yang selalu menjaga lisannya dari kata-kata kotor, mencaci maki, menghujat, atau menghina orang lain. Jangan sampai, ucapan/perkataan menyakiti hati orang lain. Karena orang yang dapat menjaga lisannya merupakan orang yang selamat dan kelak akan dapat masuk surga Nya. Sebagaimana hadist mengatakan : man kana yu'minu billahi wal Yaumil akhir fal yaqul khairan au liyasmut. Jika tidak bisa berbicara baik, maka lebih baik diam.

Memberi makan Orang Lapar

Golongan ketiga adalah mereka yang memberi makan terhadap orang yang kelaparan,. Allah SWT akan membalas kebaikan tersebut dengan memberikannya makan dari buah-buahan di surga. Bulan Ramadhan adalah momentum untuk berbagi. Karena kita bisa merasakan lapar dengan kurun waktu yang lumayan lama dari sebelum terbitnya fajar hingga terbenam nya matahari. 

Cukup bagi kita untuk dapat merasakan lapar dan haus dahaga, namun diluar sana ada orang yang belum tentu setiap harinya dapat makan, sehingga harus menahan lapar hingga beberapa waktu. Oleh sebab itu, bulan ramadhan mengajarkan kepada kita untuk senantiasa berbagi. Karena orang yang suka berbagi, ia akan masuk di surga Nya.

Orang yang berpuasa di bulan Ramadhan

Golongan terakhir yang akan dirindukan oleh surga adalah orang yang berpuasa di bulan Ramadhan dimana Allah SWT akan menyediakan pintu surga bagi orang yang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Sebagaimana perintah puasa pun juga telah dilakukan oleh orang-orang terdahulu, karena puasa ramadhan merupakan puasa wajib yang harus dilakukan. Tentu orang yang dengan kesadaran menjalankan puasa Ramadhan merupakan orang yang memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. 

Dikahir Khutbahnya, Ustadz DR.Khairul Hamim, MA mengajak seluruh jamaah agar mulai sekarang berusaha lah menjadi empat golongan tersebut agar kelak masuk ke dalam surga dengan cara taat menjalankan ibadah dan menjauhi segala larangan dari Allah SWT.

Pewarta : Dae Ompu


0 Komentar