Lukisan Alam di Teluk Ekas, Pasir Putihnya yang Berkilau Bagai Gurun Permata


Panorama Teluk Ekas sebagai salah satu kaligrafi Sang Maha Pencipta  dari deretan panjang lukisan alam yang ada di bumi menawarkan pemandangan yang menakjubkan, wilayah yang cukup tenang dan damai membawa pengunjung seakan berada dalam buaian yang menggoda jiwa dengan kekaguman yang tiada bertepi.

BidikNews.net,Lombok,NTB - Di tempat ini, pengunjung akan menemukan suasana kehidupan masyarakat dalam kesederhanaan, sekaligus menikmati pemandangan alamnya yang begitu menakjubkan. Teluk Ekas seperti dirilis Lombokindonedsia.org diselimuti hamparan pasir putih yang berkilauan, nampak seperti sebuah gurun permata. 

Pengunjung juga akan menemukan pantai-pantai nan indah, seperti Pantai Sawung, Pantai Planet, Pantai Batunampar, Pantai Surga dan sebagainya. Di sebelah Timur, pengunjung bisa menemui dinding tebing karang nan megah. Sedangkan di sebelah Utara Anda bisa melihat titik tertinggi di Pulau Lombok, yaitu Gunung Rinjani yang megah.

Jika pengunjung kebingungan untuk menentukan tujuan wisata pantai di Pulau Lombok, jadikan Teluk Ekas sebagai tujuan pertama Anda. 

Pantai di Teluk Ekas memiliki perairan yang tenang, dengan ombak yang lembut serta air laut yang jernih. Sehingga pantai ini sangat tepat untuk aktivitas snorkling, berenang dan memancing. Jangan lupa untuk membawa peralatan memancing dan snorkling, karena di wilayah Teluk Ekas tidak ada fasilitas persewaan peralatan tersebut.


Yang paling menarik dari Teluk Ekas adalah aktivitas para nelayan. pengunjung bisa menemui puluhan pondok apung dengan sampan yang bersandar disampingnya. Pondok apung tersebut dibuat oleh para nelayan untuk menangkarkan Ikan Kerapu dan udang. 

Pengunjung juga bisa mengikuti aktivitas para nelayan ketika berada di darat. Seperti bagaimana mereka membuat perahu dan sampan dengan peralatan yang sederhana. 

Di “Berugak” (semacam gubug atau gazebo) pengunjung bisa melihat proses pemotongan ikan. Ikan-ikan yang dipotong tersebut kemudian dipakai untuk memberi makan Ikan Kerapu yang ada di pondok apung.  Ikan Kerapu dan udang tersebut akan dijual di Pulau Bali dan sekitar Lombok.

Teluk Ekas merupakan wilayah yang terpencil dan sangat tenang, sangat tepat untuk pengunjung yang berjiwa petualang. Wilayah pantai ini sangat minim fasilitas, sehingga pengunjung harus mempersiapkannya sendiri. Anda bisa mendirikan tenda di dekat gubuk nelayan, dimana biasanya para nelayan membuat dan memperbaiki jaringnya.  

Jika pengunjung tidak memiliki tenda, bisa menginap di rumah masyarakat setempat. Jika pengunjung memiliki waktu luang, sempatkan untuk menjelajah pantai-pantai di Teluk Ekas, serta mengunjungi danau air asin. Danau tersebut berada di sepanjang Jerowaru Lauk, yang dikelilingi oleh hutan bakau. 

Di danau ini pengunjung bisa menyaksikan masyarakat setempat membuat garam dengan cara tradisional. Tak hanya melihat saja, pengunjung juga bisa ikut dalam proses pembuatan garam tersebut.

Teluk Ekas dapat dicapai dari Mataram, sekitar 75 Kilometer sebelah Tenggara Kota Mataram. Disarankan agar pengunjung menepuh perjalanan ke Teluk Ekas dengan kendaraan pribadi (terutama sepeda motor), karena transportasi umum yang menuju Teluk Ekas sangat jarang. 


Dari Kota Mataram, pengunjung bisa menempuh jalur Mataram-Cakranegara-Kediri-Praya-Mujur-Ganti-Keruak-Jerowaru-Ekas.

Teluk Ekas Rilis Lombok4fun Explore Cultures & Natures merupakan teluk terbesar di Pulau Lombok yang terletak di ujung selatan Lombok Timur dengan luas ± 17 hektar. 

Di Teluk Ekas terdapat beberapa perkampungan nelayan sehingga ditempat ini akan banyak dijumpai perahu-perahu nelayan dan keramba-keramba ikan yang ditambatkan di bibir pantai, lokasi-lokasi untuk budidaya rumput laut, udang dan lobster. 

Secara administratif Teluk Ekas termasuk wilayah Desa Pemongkong, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, berjarak ± 80km dari Kota Mataram. 

Teluk Ekas memiliki hamparan pasir putih yang bersih, air lautnya yang jernih, bukit-bukit dengan lereng bebatuanya, terumbu karangnya yang indah dengan berbagai jenis ikan di sekitarnya. 

Di Teluk Ekas terdapat titik lokasi dimana  ombaknya cenderung landai yang sangat cocok untuk aktivitas berenang, snorkling maupun diving. 

Dibagian lain dari Teluk Ekas terdapat juga lokasi yang memiliki ombak tinggi yang menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak perselancar mencoba tantangan untuk berselancar. 

Karakteristik ombak dilokasi ini  berlevel regional classic dengan frekuensi regular dan bertipe reef-rocky dengan arah kanan ke kiri maupun sebaliknya. Terdapat 3 bentuk ombak di Teluk Ekas yakni bentuk pipa (pipe), dinding (wall) dan heavy. 

berselancar di teluk ekas

Bagi para peselancar, Teluk Ekas mempunyai 2 titik favorit untuk berselancar yaitu outside Ekas dan Inside Ekas. Outside Ekas memiliki arah ombak kidal dengan ketinggian 5 – 10 kaki. Ombaknya jatuh dengan keras, bertenaga dan memiliki luas permukaan yang lebar. 

Sedangkan inside Ekas lokasinya lebih ke dalam teluk dengan ombak membentuk dinding puncak yang dapat memberikan sensasi luar biasa bagi para perselancar. 

Di saat yang lain ombaknya dapat berupa ombak memanjang dan barrels dengan ombak rendah disisi kanan serta ombak tinggi disisi kiri dimana ketinggiannya bisa mencapai hingga 12 kaki. Menaiki bukit-bukit yang ada disekitar Teluk Ekas menjadi alternatif lain dari aktivitas yang bisa dilakukan ditempat ini. 

Pemandangan  indah dari hamparan pasir putihnya yang bersih, lukisan alam pada lereng-lereng bebatuan dari bukit-bukitnya, buih-buih yang dihasilkan dari deburan ombak besar dan cantiknya matahari saat terbenam menjadi pengalaman hidup yang tak terlupakan.

Pewarta: Tim BidikNews.net





0 Komentar