Pelajar dan Warga di Jalur Pendakian Rinjani Memelas Iba, Mengharap Belas Kasih Bupati KLU Agar Jalan Diperbaiki


BidikNews.net,KLU
- Kisah berbeda dari anak2 lainya yang punya akses jalan bagus, lain halnya nasib anak2 di Dusun kecil dusun Pegadungan Senanga Desa Sambik Elen Kec. Bayan Kabupaten Lombok Utara ini, Walaupun  jalannya adalah salah satu jalan terbagus untuk pendakian Gunung Rinjani, namun kita bisa lihat, jalan ditempat anak2 ini berada masih jauh dari kata layak dilewati.

Selain jalan turunan dan menanjak, jalan dengan hamparan Bebatuan tajam yang berserakan tanpa ikatan aspal beton yang bagus, tentu siap menerkam tubuh mungil anak2 ini, Terjatuh pasti musibah luka sudah pasti, bahkan patah tulang sudah pernah terjadi, hanya untuk mengenyam pendidikan  sekolah, yang mereka tempuh dengan berjalan kaki dan sukur kadang diantar orang tua dengan sepeda motor yang kerap pecah ban, Grendel pijakan kaki lepas, rim blong, blik mesin retak bahkan hancur karena Mulusnya jalan bak parutan tajam dan besar.

Jarak tempuh sedikitnya 7 Km, membuat mereka tentu berkeringat &  kelelahan yang otomatis jadi mengantuk  setiba disekolah, sehingga mata pelajaran dibangku sekolah tak sepenuhnya bisa terserap, Tentu mereka berharap ada jalan yang layak, agar orang tua mereka bisa leluasa mengantar meraka tanpa kendala pecah ban motor rusak disebabkan Jalan bebatuan.

Toga dan toma, Dusun Pegadungan Senanga Desa Sambik Elen Kec. Bayan Kabupaten Lombok Utara

Keluh kesah ini dialami seorang Ayah an. I Ketut Putrayasa / Ketut Kiul , sekaligus mewakili anak dan orang tua lainnya keluhan di Dusun kecil dusun Pegadungan Senanga Desa Sambik Elen Kec. Bayan Kabupaten Lombok Utara ini.

I Ketut Putrayasa / Ketut Kiul adalah seorang petani dan peternak serta Ketua Polter Angkut Barang bagi pendaki kerinjani, kepada media ini mengungkapkan bahwa jalan ini sudah lama Rusak. 

Dia heran Rinjani yang dikenal oleh Dunia, masih bisa memiliki jalan Rusak parah seperti ini , padahal ini  jalur Pendakian terlandai dan sangat baik dengan panorama pemandangan pantastik serta banyak air murni hutan Rinjani yang siap diteguk oleh para pendaki di sepanjang jalan menuju Segara anak Rinjani.

Kalau ada yang ingin mendaki menuju Segara Anak Rinjani,  pendaki tinggal  ikuti jalan Senanga Pegadungan ini, perujung jalannya adalah Segara Anak Rinjani.

I Ketut Putrayasa / Ketut Kiul berharap agar pemerintah memiliki kepedulian untuk memperbaiki atau mengaspas atau merabat jalan ini, agar anak2 bisa bersekolah dengan Transportasi yang lancar.

warga masyarakat Dusun Pegadungan Senanga Desa Sambik Elen Kec. Bayan Kab.Lombok Utara

Selain itu, hasil bumi berupa Kopi, cengkeh, Kelapa, Advokat, Durian dengan kwalitas yang baik, namun harga jualnya cendrung murah karena para pembeli takut resiko kendaraannya terjungkal, pecah ban , rusak karena jalannya penuh bebatuan.

I Ketut Putrayasa / Ketut Kiul mengungkapkan bahwa tahun 2018 lalu sempat ada informasi Bupati akan mengaspal jalan ini namun mungkin karena gempa bumi sehingga batal dikerjakan.

Pada tahun 2020 - 2022 kata I Ketut Putrayasa / Ketut Kiul, Bupati sempat  datang langsung ke tempat ini dan berjanji akan menghaspas jalan Senanga ini, teteapi hingga saat ini janji itu belum juga dipenuhi, untuk itu permintaannya pada Pemerintah agar segera Perbaiki jalan di Dusun kecil dusun Pegadungan Senanga Desa Sambik Elen Kec. Bayan Kabupaten Lombok Utara ini.

Karena tidak adanya kepedulian pemerintah, I Ketut Putrayasa / Ketut Kiul kerap menyampaikan kepada para Pendaki tentang kondisi jalan ini. 

Tak sedikit para pendaki yang memberi bantuan uang untuk membeli Pasir dan semen, Sehingga mereka bergotong royong dengan biaya suadaya seadanya untuk merabat jalan di Dusun kecil dusun Pegadungan Senanga Desa Sambik Elen Kec. Bayan Kabupaten Lombok Utara ini.

I Ketut Putrayasa / Ketut Kiul beserta seluruh warga di Dusun kecil dusun Pegadungan Senanga Desa Sambik Elen Kec. Bayan Kabupaten Lombok Utara sangat berterima kasih karena ada yang perduli, dan bantua yang diberikan oleh para pendaki ini sekaligus memberi pesan kepada Para Pendaki dan Pemerintah tingkat Desa sampai Bupati KLU sampai Gubernur NTB untuk segera mengambil sikap untuk memperbaiki jalan ini.

Ringankan beban dan derita anak-anak yang bersekolah sekolah, warga bergotomg royong perbaiki jalan di Dusun kecil dusun Pegadungan Senanga Desa Sambik Elen Kec. Bayan Kabupaten Lombok Utara 

Pada kesepmpatan yang sama, Kadus Pegadungan Sambik Elen yang bernama Mulyadi, berharap agar Bupati KLu tidak mengumbar janji. Atas nama seluruh warga Mulyadi meminta agara Pemerintah KLU segera mengaspal jalan Senanga Pegadungan ini, 

Sebagai Kadus Pegadungan Senanga, Mulyadi mengucapkan trimankasih para donatur yang menyisihkan dananya untuk berdonasi membantu merabat jalan Jalur Pendakian Rinjani  Senanga Pegadungan Desa Sambik Elen ini,’katanya sembari mengelus dada.

Mulyadi berharap, agar Bupati dan pemerintah KLU segera menghaspas jalan  di Senanga Pegadungan Sambik Elen Bayan KLU ini, agar anak2 bisa tiba di sekolah dengan tepat waktu tanpa terlambat atau kelelahan.

Selain itu dengan diperbaikinya jalan ini, maka transkasi jual beli hasil bumi dan peternakan serta lainnya bisa lancar.

Mulyadi juga mengaku, Para wisatawan Pendaki Rinjani juga akan merasa nyaman melewati jalan jalan ini, sehingga menambah pendapatan bagi masyarakat,  dan yang paling terpenting perbaikan jalan ini demi  Nasib Anak anak yang bermimpi untuk meraih masa depan yang lebih baik dan cerah.

Diakhir, Mulyadi maupun I Ketut Putrayasa / Ketut Kiul  serta seluruh warga di di Dusun kecil dusun Pegadungan Senanga Desa Sambik Elen Kec. Bayan Kabupaten Lombok Utara ini meminta agar Bupati dan pemerintah KLU segera mengaspal atau rabat jalan jalur  pendakian rinjani ini, karena anak2 dan masyarakat berhak dapat jalan yang layak.

Pewarta: TIM

0 Komentar