Dinas PUPR Dompu Peringati Hari Bakti PU ke-77 Sebagai Momentum Mengenang Para Pahlawan Infrastruktur


BidikNews, Dompu
- Hari Bakti Pekerjaan Umum (PU) diperingati pada tanggal 3 Desember setiap tahunnya. Tujuan peringatan Hari Bakti PU adalah untuk memperingati sejarah peristiwa 3 Desember 1945, dimana telah gugur tujuh orang pegawai PU yang berjuang mempertahankan markas Departemen PU di Kota Bandung yang dikenal sebagai "Gedung Sate". 

Tahun ini adalah peringatan Hari Bakti PU yang ke-77 sejak peristiwa tersebut. Peringatan Hari Bakti PU diselenggarakan oleh Departemen PU di berbagai tempat di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam rangka memperingati Hari Bakti PU ke-77 tahun 2022, Dinas PUPR Kab. Dompu turut menggelar Upacara Bendera yang diikuti seluruh jajaran pegawai Dinas PUPR yang berlangsung di halaman Kantor Dinas PUPR, pagi tadi, Sabtu (3/12/2022). 

Bertindak sebagai Inspektur upacara Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST.,MT, didampingi Kadis PUPR Dompu, Aris Ansary, ST.,MT, 

Turut Hadir dalam rangka upacara hari bhakti PUPR antara lain, Sekda Dompu, Gatot Gunawan PP SKM., M.MKes, Kadis Koperasi dan Perindustrian Dompu H.  Khairul Insan, SE M.Si, Kadis Tenaga kerja dan transmigrasi Dompu Syamsul Ma'rif, ST, Kadis Bapenda Arman, Sekretaris Dinas Pemukiman Miftahul Suadah, ST, Kabid Bina Marga Wahidin, ST, Kabid Jakkon M.Irfan ST, Kabid Pengairan, dan sejumlah Staf Dinas PUPR dan Keluarga Besar Dinas PUPR Dompu.

Tema yang diusung pada Hari Bakti PUPR ke 77 bertajuk “Bakti PUPR Sigap Membangun Negeri”.

Dalam sambutannya Wakil Bupati H Syahrul Parsan mengajak seluruh tamu undangan, hadirin dan jajaran keluarga besar PUPR Kabupaten Dompu untuk sejenak mengheningkan cipta.

“pada kesempatan ini, saya ingin mengajak kita semua sejenak mengheningkan cipta mendoakan arwah para Pahlawan Sapta Taruna, para senior, dan keluarga besar Kementerian PUPR yang telah mendahului kita berpulang ke Rahmatullah, semoga seluruh amal ibadahnya diterima oleh Allah SWT.” Tutur Wabub.

“Selanjutnya perkenankan saya dengan tulus menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran insan PUPR atas kerja keras tanpa lelah selama ini.” Lanjutnya.

“Melalui kekompakan dan kerjasama tim, kita menerobos berbagai halangan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas dan terus melayani masyarakat dengan infrastruktur yang kita bangun dan pelihara”, ujar Wabub.

Wabup juga menyebutkan satu hal yang saya rasakan dari berbagai upaya yang Bapak/Ibu/para insan PUPR lakukan adalah semakin besarnya kepercayaan publik kepada kita semua. Upaya membangun kepercayaan tersebut tidak lahir dari upaya sesaat, tetapi merupakan buah dari kerja keras dan upaya perbaikan menerus”, katanya.

Wabup dalam kesempatan itu juga mengungkapkan apa yang telah diwujudkan dengan baik tersebut agar melembaga, kemudian menjadi nafas dan semangat setiap Insan PUPR dimanapun berada untuk selalu membangun infrastruktur yang berkualitas baik, berestetika, dan ramah lingkungan yang keberlanjutan.” Pesannya.

Peringatan Hari Bhakti PUPR ke-77, merupakan momentum bagi seluruh keluarga besar Kementerian PUPR untuk terus meningkatkan nilai-nilai dan semangat untuk menjaga kekompakan, disiplin, militansi, pengabdian, dan sportivitas dalam bekerja seperti yang diperlihatkan dalam Pelatihan Bela Negara.

Untuk itu sekali lagi saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap pimpinan, pegawai, jajaran dan seluruh mitra kerja Kementerian PUPR atas kinerja dan dedikasinya di tahun ini.

Diakhir sambutannya, Wabub bermunajat, Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa mencurahkan rahmat, karunia dan hidayah-Nya bagi kita semua dalam menjalankan tugas dan kegiatan yang bermanfaat untuk bangsa dan negara. Dirgahayu PUPR ke-77. Bakti PUPR, Sigap Membangun Negeri”, ucapnya.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas PUPR Dompu, Aris Ansary, ST.,MT, mengungkapkan, kegiatan upacara ini sebagai momentum untuk memperingati jasa-jasa Pahlawan dari PUPR sendiri yaitu Gugurnya Pahlawan Kemerdekaan yang bergerak di bidang Infrastruktur,” jelasnya.

Semoga dengan peringati Hari Bakti PUPR 77 ini. Membangkitkan semangat teman-teman PUPR Kab. Dompu untuk Sigap, membangun, bekerja keras, bergerak Cepat dan bertindak tepat untuk pembangunan Kab. Dompu kedepannya." Harap Kadis PUPR Dompu, Aris Ansary, 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pemukiman Dompu Miftahul Suadah ST, mengucapkan selamat Hari Bakti PUPR 77, semoga Dinas PUPR slalu memberikan Pelayanan terbaik untuk Bumi Nggahi Rawi Pahu.

"seperti pada slogannya bekerja keras, bergerak Cepat dan bertindak tepat, karena seyogyanya Taruna PUPR harus memiliki semangat yang tinggi, untuk turut serta sebagai suk sektor tadi dan di semua sektor lain dalam rangka membangun infrastruktur."ungkap Miftahul Sudah.

Sehingga menunjang untuk percepatan terhadap kegiatan pembangunan menuju Dompu Masyhur yang diinginkan agar segera terwujud." ungkapnya acha Suad sapaannya.

disela waktu istirahat kepala Dinas Koperasi dan KUKM, H. Khairul Insan, SE, M.Si. atas nama Pribadi dan Keluarga Besar Dinas Koperasi dan KUKM mengucapkan selamat Hari Bakti ke 77 Dinas PUPR Kab. Dompu dan Selamat juga kepada Kadis PUPR Dompu.

"Semoga tetap jaya dan memberikan Pelayanan yang terbaik dalam rangka pelayanan infrastruktur kepada Seluruh masyarakat Dompu."Ucap H. Khairul Insan, yang akrab di sapa Dae Mpera.

Pewarta : Iwan Westom




0 Komentar